Ban tubeless baru saja di beli kurang lebih 2 mingguan tapi ternyata sudah kena paku. Memang benar terbukti bahwa walaupun sudah kena paku tapi bocornya tidak langsung kempes seketika. Herannya paku yang menancap cukup besar, lurus dan masih seperti baru, belum karatan dan tidak bengkok-bengkok. Jadi bagaimana bisa nancap di ban, itulah yang jadi pertanyaan saya. Logikanya bila paku lurus dan berada di jalanan maka posisinya adalah mendatar dengan aspal jalan (posisi tidur). Sehingga ketika dilewati oleh ban maka akan terlewati bukannya menusuk ban.
Untunglah saya memakai cairan anti bocor yang dimasukkan ke dalam ban yang menurut pegawai tokonya akan menyumbat kebocoran yang terjadi. Dengan menggunakan tang maka sayapun mencabut paku tersebut. Paku berhasil dicabut dan harapannya cairan anti bocor bekerja.
Keesokannya ban agak sedikit berkurang tekanannya dan saya berpikir bahawa itu akibat dari kena paku selama paku belum dicabut. Sehingga saya menambahkan gas nitrogen ke planet ban sekaligus mencoba fasilitas member yaitu gratis isi nitrogen. Ban diisi dengan tekanan 36. Entahlah berapa standardnya tekanan pada ban tubeless ini karena pada saat membeli diisi dengan tekanan 37.
Pada hari kelima ketika akan menggunakan sepeda motor di pagi hari terasa ban kempes sekali. Saya memeriksa keadaan ban apakah kena paku lagi atau tidak. Ternyata tidak. Namun saya melihat dari bekas kena paku sebelumnya terlihat mengeluarkan cairan yang setengah kering. Saya tebak cairan itu adalah anti bocor. Terabanya seperti air biasa dan bukan seperti lem seperti perkiraan saya sebelumnya.
Saya masih berpikir positif bahwa mungkin perlu waktu untuk cairan tersebut melengketkan atau menutup lubang bocor itu. Maka saya isi nitrogen lagi ke planet ban sambil menanyakan bocor halus itu. Ban diisi dengan tekanan 35. Padahal sebelumnya diisi dengan 37 dan 36. Entah kenapa selalu berbeda. Kalau ban biasa saya tahu standardnya yaitu 33. Untuk bocor halusnya diperiksa seluruh ban dan hasilnya normal, tidak terdeteksi bocornya. Pegawainya bilang bahwa merek swallow memang sering bocor halus dari sisi velg. Katanya sih demikian tapi tetap menganggap tidak ada kebocoran. Dan juga took planet ban tidak melayani tambal ban tubeless.
Sepeda motor dipakai kembali dan dalam waktu 3 hari terasa kempes kembali. Saya membawanya ke toko planet ban lainnya. Kembali diperiksa dan dijawab tidak ada yang bocor. Lucunya kali ini karyawannya mengatakan kalau dalam waktu 4 hari terus tekanan ban berkurang adalah sesuatu yang normal. Berarti sudah 2 toko planet ban yang mengatakan tidak ada yang bocor. Pusing juga jadinya, kemana lagi harus mengecek ?
perna sy ngalamin om, mudah-mudahan serupa masalahnya solusi bareng: buka pelek dan ban kemudian bibir pelek di ratakan dengan ampelas ok aman kembali
ReplyDeletebetul. saya pernah tanya sama tukang jual velg di jalan. kenapa ban bisa selalu kempes. dia bilang velgnya harus di ampelas. mungkin bisa dicoba gan..
ReplyDeletethanks
Gue sama nih,
ReplyDeleteKena paku, pas di cek di planet ban gk bocor, tapi pas di pake, keluar cairan dari ban, yg gue rasa sih cairan anti bocor,
Suek emng dasar
Baru baca gan, coba cek ke tambal ban saja gan. Solusinya itu yg paling tepat kya sya juga bgtu gan.
ReplyDeleteBaru baca gan, coba cek ke tambal ban saja gan. Solusinya itu yg paling tepat kya sya juga bgtu gan.
ReplyDeleteSama seperti ban saya sekarang, kejadian serupa sampe saat ini isi tekanan ban trus
ReplyDeletehalo smua gua mau nnya ban blkng gua tubles merk korsa trus ada paku solusiny didiemin aja mslah nntinya atau sgera kebengkel ya buat lngsung dicbut pke cairan ban trima kasih
ReplyDeletebaiknya tempat keluar cairan ditambal, krn dia ga menutup sempurna ketika jalan kena tekanan aspal, yg yg bikin angin keluar sedikit2
ReplyDelete