Dalam rangka ulang tahun toko roti Bread talk yang kedua
belas maka pada tanggal 19 Agustus 2015 ada promosi semua roti harganya sama
yaitu Rp.6500,-. Promosi ini berlaku di seluruh Indonesia dengan syarat
pembayaran cash.
Kebetulan saya ingin membeli roti maka saya menuju ke Bread talk di Mall
Living World yang berada di Alam Sutera. Tak disangka toko roti itu
diserbu pembeli sedemikian rupa sehingga berebutan roti yang baru matang dari
oven. Pada rak-rak display sudah tidak ada roti sama sekali kecuali roti tawar. Karena sudah kepalang tanggung ya terpaksa ikut antri dan
ikut berebutan. Akhirnya dapat sebanyak empat roti saja sebab lama nunggu
matangnya roti yang masih di oven.
Bila saya amati dengan harga yang murah itu sebenarnya sama
saja karena sudah diakali oleh pemiliknya sebagai berikut :
- Tidak semua jenis roti tersedia.
- Yang diproduksi hari itu adalah roti-roti yang
memang harganya murah.
- Tidak berlaku untuk roti dalam kotak atau tart.
- Bahan dikurangi sehingga bentuk roti diubah
menjadi lebih kecil dari biasanya.
Semestinya akal-akalan seperti ini tidak boleh terjadi. Sebagai
perusahaan yang menyediakan makanan dan mengandalkan kualitas seharusnya tetap
mengutamakan mutu dan standard yang menjadi acuan. Mengurangi mutu untuk
promosi dengan kedok harga murah akan berdampak di kemudian hari. Pelanggan akan
merasa kecewa dengan promosi-promosi berikutnya dan tidak percaya lagi akan
mutu dari rotinya.
No comments:
Post a Comment