Thursday, November 12, 2015

Tidak dapat Sertifikat di EF (English First)

Umumnya bila suatu lembaga kursus menyelenggarakan sebuah kursus apapun itu jenisnya misalnya bahasa Inggris, kecantikan, kepribadian dan lain-lain akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda bahwa siswa telah berhasil menyelesaikan kursusnya di level tersebut.

Tidak seperti tempat kursus lainnya, di EF (English First) tidak mendapatkan sertifikat melainkan hanya mendapat rapot. Siswa akan mendapat sertifikat bila sebuah buku telah selesai dipelajari. Padahal untuk menyelesaikan sebuah buku bisa sampai enam level. Artinya siswa harus merogoh koceknya sebanyak enam kali pembayaran atau selama kurang lebih 1 tahun. Satu level kurang lebih dua bulan. Jadi 2 kali 6 sama dengan 12 bulan.

Bentuk dan kualitas bahan kertas yang dipakai untuk rapot dan sertifikat tentu saja berbeda. Kualitas rapot dibawah sertifikat.  Rapot terbuat dari kertas tebal (bahan karton) yang dilipat menjadi dua. Tidak terlihat mewah dan seperti sekedarnya saja.


Saran saya buat EF, English First. Sebaiknya setiap level mendapatkan sertifikat dan bukan rapot. Sebuah sertifikat merupakan kebanggaan bagi siswa dan dapat disimpan. Tetapi rapot mungkin besok sudah hilang entah kemana…karena tidak menarik.

No comments:

Post a Comment