Wednesday, July 20, 2016

Bank Danamon memalsukan data, nasabah yang dirugikan (seri 2)

Beberapa bulan setelah itu, kartu ATM Danamon saya tidak bisa digunakan dan menurut tulisan yang ada di layar karena kartu sudah expired. Saya punya banyak kartu ATM dari bank lain tetapi tidak pernah ada tanggal expirednya dan baru Bank Danamon ini yang ada expirednya. Dari struk tulisannya saya disuruh datang langsung ke customer service.

Selanjutnya saya datang ke Bank Danamon yang ada di Mall Taman Anggrek. Saya menemui customer service dan ingin mengganti kartu ATM yang sudah expired. Saya membawa bukti kartu ATM, buku tabungan, KTP dan SIM. Selanjutnya saya ditanya nama ibu kandung. Nah disinilah muncul kembali masalah yang sama dengan sebelumnya. Jawaban saya dianggap salah dan ditolak untuk membuat ATM pengganti.

Saya ceritakan bahwa hal tentang nama ibu kandung ini sudah pernah dikomplainkan beberapa bulan sebelumnya di bank Danamon Central Park Mall. Ternyata belum beres-beres. History komplain di komputer tidak ada karena Danamon tidak mempunyai sistim tiket komplain. Padahal bank lain mempunyai sisim tiket yang terkomputerisasi. Artinya setiap pelanggan komplain akan mendapat nomor tiket. Dan bila pelanggan ingin menanyakan status perkembangan komplainnya, tinggal menyebutkan nomor tiketnya saja. Maka secara otomatis akan muncul status komplain dan historinya tersebut di layar.

Mengapa sudah berbulan-bulan tidak beres-beres mengenai nama ibu kandung ini ? Customer service yang bernama Fitri tidak bisa menjawab dan disarankan datang ke bank Danamon Central Park Mall. Lha Danamon kan tidak punya sistim tiket, kalau saya pergi ke Danamon Central Park kan sama saja, mereka tidak tahu komplain sebelumnya. Saya pun disuruh datang ke cabang Danamon saat buka tabungan. Busyet deh…jauh sekali itu jaraknya kurang lebih 35 km dari Mall Taman Anggrek. Saya keberatan karena semua data dan bukti menunjukkan saya benar-benar pemilik tabungan kenapa harus dipersulit dengan sebuah pertanyaan nama ibu kandung. Saya menyampaikan argument bahwa  :

1    Bukti-bukti kartu ATM, buku tabungan, KTP dan SIM sudah ada. Tidak ada alasan customer service menolak.
2    Logikanya setiap orang pasti tahu nama ibu kandungnya. Jadi saya yakin nama yang saya sebut adalah benar dan valid apalagi untuk urusan perbankan.
3    Jumlah saldo tabungan hanya sedikit dibawah lima juta. Untuk apa saya berbuat kriminal untuk uang yang sedikit (Mengaku-ngaku tabungan orang lain) ? Untuk apa mencurigai saya terhadap uang yang tidak seberapa ini. Karena tabungan saya sendiri walau sedikit harus saya perjuangkan. Itu hak saya, uang saya.

Customer service dengan angkuhnya tetap menolak penggantian kartu ATM dengan alasan sesuai aturan Danamon. Fitri menyuruh untuk datang ke cabang Danamon saat buka tabungan sambil membawa akte kelahiran. Padahal seharusnya tugas seorang customer service adalah membantu pelanggan bila mempunyai masalah dan mencari solusinya. Seharusnya masalah ini bisa selesai dalam 1 detik saja bila ada kebijaksanaan dari Fitri. Oh ya sepertinya Fitri ini jabatannya supervisor. Tapi karena angkuhnya dengan berkedok prosedur maka masalah menjadi bertele-tele dan tidak solved. Fotonya terlampir.



Saya yakin ini kesalahan mereka sendiri atau sistim komputer mereka. Saya minta disebutkan nama yang tertulis dikomputer agar saya bisa mengklarifikasinya  tetapi mereka menolak. Saya minta inisialnya saja juga mereka menolak.

Saya menyarankan agar menghubungi cabang Danamon asal untuk memverifikasi form pembukaan tabungan yang pernah dibuat dulu. Apakah nama yang tercantum disana, apakah salah input data operatornya atau bgm.  Awalnya Fitri menolak tetapi karena saya tidak mau akhirnya dia bersedia menghubungi cabang asal. Namun dengan embel-embel jawabannya bisa lama  berjam-jam. Saya mewanti-wanti agar hari ini beres masalahnya. Semula ingin menunggui tapi disarankan pulang karena akan ditelpon nanti dengan mencatat nomor telepon saya. Namun setelah berjam-jam dan berganti hari tidak ada telepon darinya. Ini kan namanya membohongi pelanggan. Tidak professional sama sekali. Sudah janji tapi diingkari. (bersambung)

2 comments:

  1. Belajar bahasa inggris secara profesional dan nyaman hanya di EF Adults English Course, serta kursus learning terbaik di Indonesia hanya di ef.co.id

    Check EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional

    ReplyDelete
  2. Terima kasih kontennya kak, sangat bermanfaat.. penulis benar-benar kreatif... thanks.

    EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional

    ReplyDelete