Thursday, October 8, 2015

Tanggal merah tidak diganti EF (English First)


Apa arti kata dari kursus ? Kursus adalah pelajaran tentang suatu pengetahuan atau keterampilan yang diberikan dalam waktu singkat. Ya, benar singkat. Materi, kurikulum dan silabus sudah dibuat sedemikian rupa dengan jumlah jam yang ada.

EF (English First) adalah sebuah kursus dalam bidang bahasa Inggris. Tiap satu tingkat di EF (English First) mempunyai waktu 32 jam pelajaran yang ditempuh dalam waktu 16 kali pertemuan. Masing-masing pertemuan berlangsung selama 2 jam yang biasanya dilakukan 2 kali dalam seminggu.

Yang menjadi masalah di EF (English First) adalah bila ada tanggal merah atau hari libur maka kelas akan diliburkan juga. Namun hari libur tersebut akan memotong dan mengurangi jumlah pertemuan yang ada. Artinya, tidak ada perpanjangan kursus atau tidak ada hari pengganti. Hal ini tentu saja merugikan siswa-siswanya.

Seharusnya EF (English First) berpatokan pada jumlah jam kursus yang diikuti yaitu 32 jam atau komitmen pada jumlah pertemuan yang dideklarasikan diawal yaitu 16 kali pertemuan. Sehingga apabila ada hari libur maka EF (English First) berkewajiban mengganti hari tersebut dengan hari lain.

Bila ada 1 tanggal merah berarti siswa telah kehilangan 6,25 % pertemuan. Selanjutnya bila ada 2 tanggal merah maka siswa telah kehilangan 12,5 % pertemuan. Kemudian bila ada 3 tanggal merah maka siswa telah kehilangan 18,75 % pertemuan. Sayang bukan ?

Saran saya terhadap EF (English First) adalah sebaiknya diadakan hari pengganti untuk libur tanggal merah. EF (English First) harus konsekuen dengan jumlah pertemuan atau jumlah jam yang dinformasikan di awal pendaftaran.

No comments:

Post a Comment