Friday, August 21, 2015

Promosi harga murah Bread Talk mengurangi mutu


Dalam rangka ulang tahun toko roti Bread talk yang kedua belas maka pada tanggal 19 Agustus 2015 ada promosi semua roti harganya sama yaitu Rp.6500,-. Promosi ini berlaku di seluruh Indonesia dengan syarat pembayaran cash.

Kebetulan saya ingin membeli roti maka saya menuju ke Bread talk di Mall Living World yang berada di Alam Sutera. Tak disangka toko roti itu diserbu pembeli sedemikian rupa sehingga berebutan roti yang baru matang dari oven. Pada rak-rak display sudah tidak ada roti sama sekali kecuali roti tawar. Karena sudah kepalang tanggung ya terpaksa ikut antri dan ikut berebutan. Akhirnya dapat sebanyak empat roti saja sebab lama nunggu matangnya roti yang masih di oven.




Bila saya amati dengan harga yang murah itu sebenarnya sama saja karena sudah diakali oleh pemiliknya sebagai berikut :
- Tidak semua jenis roti tersedia.
- Yang diproduksi hari itu adalah roti-roti yang memang harganya murah.
- Tidak berlaku untuk roti dalam kotak atau tart.
- Bahan dikurangi sehingga bentuk roti diubah menjadi lebih kecil dari biasanya.


Semestinya akal-akalan seperti ini tidak boleh terjadi. Sebagai perusahaan yang menyediakan makanan dan mengandalkan kualitas seharusnya tetap mengutamakan mutu dan standard yang menjadi acuan. Mengurangi mutu untuk promosi dengan kedok harga murah akan berdampak di kemudian hari. Pelanggan akan merasa kecewa dengan promosi-promosi berikutnya dan tidak percaya lagi akan mutu dari rotinya.

No comments:

Post a Comment