Friday, September 4, 2015

Saran buat kereta api


Siapa sih yang tak tahu antrian pembeli tiket kereta api ?  Mungkin hampir semua orang sudah tahu bahwa kalau membeli tiket kereta api pasti antrinya lama, berjubel dan panas serta berkeringat. Ya memang begitulah keadaannya paling tidak di stasiun Gambir Jakarta.

Kebetulan hari kamis ada titipan untuk membeli tiket kereta api Argo Muria di stasiun Gambir. Saya tiba di stasiun Gambir tepat pukul 4 sore. Ternyata jam 4 sore loket pemesanan sudah tutup. Sempat tanya ke satpam apakah benar sudah tutup dan dijawab benar, bahkan tutupnya jam 15:30. Padahal rencananya mau membeli tiket untuk hari Jumat jam 7 pagi. Lah kalau membeli langsung besok paginya belum tentu ada alias habis maka akan sia-sia karena sudah terlanjur berangkat ke stasiun. Nggak lucu kan.


Sayapun memutuskan untuk membeli lewat internet secara online melalui web site resminya dengan alamat kereta-api.co.id. Lagi-lagi cara ini tidak berhasil. Mengapa ? Karena pembelian melalui internet minimal harus 2 hari sebelum tanggal keberangkatan. Jadi untuk keberangkatan hari Jumat maka tiket tidak bisa dibeli pada hari kamis (sehari sebelumnya) dan hari Rabu (dua hari sebelumnya). Pokoknya hitungannya 48 jam sebelum kereta api berangkat.

Saran saya kepada kereta api adalah sebaiknya pembelian lewat internet tidak dibatasi oleh waktu (sebelum 48 jam) melainkan bebas asalkan sebelum kereta api berangkat.  Hal ini memudahkan pelanggan dan kereta api juga diuntungkan dengan adanya potential revenue selama dua hari itu.

No comments:

Post a Comment