Monday, July 13, 2015

Daftar kursus bahasa Inggris di EF



Siapa yang ingin bisa bicara dengan bahasa Inggris ? Jawabannya mungkin hampir semua orang termasuk saya. Pertanyaannya kemudian, siapa yang sudah pernah kursus bahasa Inggris ? Jawabannya mungkin hanya sedikit orang. Saya adalah salah satu dari orang-orang yang belum pernah kursus bahasa Inggris. Banyak faktor dan pertimbangan yang belum memungkin untuk kursus.

Sekarang saya memiliki kesempatan untuk mengikuti kursus bahasa Inggris. Untuk itu berbagai informasi saya kumpulkan baik melalui internet maupun telepon langsung ke kantornya. Ada EF atau English First, LIA atau Lembaga Indonesia Amerika yang sekarang berganti nama menjadi Language In Action sesuai web sitenya atau disebut LIA saja, TBI atau The British Institute dan ILP atau International Language Program.

Informasi dari teman dan kenalan merekomendasikan EF. Kebanyakan dari mereka sendiri tidak ikut kursus melainkan anak-anaknya yang ikut kursus. Alasannya adalah tempatnya bagus dan pengajarnya native speaker (orang asing). Tentu merupakan suatu kelebihan dibanding tempat lainnya. Selama ini saya sering lewat tempat tersebut di malam hari dan terlihat ramai sekali yang mengikuti kursus dengan deretan mobil-mobil yang diparkir didepan ruko tersebut. Ya, EF BSD menempati ruko tiga lantai dan kalau tidak salah sebanyak empat ruko digabung menjadi satu.

Saya tidak sempat mengunjungi TBI, ILP dan LIA karena prioritas pertama saya adalah EF. Apakah EF di Indonesia sama dengan EF di luar negeri, seharusnya ya. Tetapi entah kenapa  singkatan yang dipakai berbeda. EF di indonesia kepanjangan dari English First sedangkan EF diluar negeri adalah Education First. Saya menelepon EF, tidak banyak informasi yang diberikan oleh pegawai EF yang bernama mbak Nita atau Mita (sebut saja Nita aja)  dan saya disuruh datang ke kantornya. Rasanya kesan pertama sedikit aneh karena tidak friendly.

 
Sekitar awal tahun 2015 Saya mencoba datang ke EF sekitar jam 11 siang. Sebelumnya saya membaca di web sitenya bahwa  tes penempatan gratis dan bisa trial kelas gratis juga. Tempatnya bagus setidaknya di loby atau receptionisnya dan kelas yang didekat situ juga terlihat isi dalamnya karena berdinding kaca. Tapi tidak ada seorangpun yang duduk di meja resepsionis. Celingak-celinguk kesana-kemari tidak ada orang. Trus saya ketemu seseorang yang merupakan pegawai EF dan saya utarakan keinginan saya untuk bertemu dengan mbak Nita maka dipanggilah ybs yang sempat disebut dengan sales.

Cukup lama menunggu kurang lebih 10 menit tapi belum datang-datang dan akhirnya muncul juga mbak Nitanya. Dia memperkenalkan diri sebagai advisor education. Kadang secara tak tersirat menyebut dirinya sebagai konsultan pendidikan. Apapun namanya menurut saya tetap sales karena tugasnya jualan.

Saya menanyakan hal-hal yang umum dan standard tapi jawaban yang diberikan kurang memuaskan dan kurang jelas. Sebagai contoh, mengenai jumlah tingkat di EF. Mbak Nita hanya menyebut bahwa ada tingkat Basic, intermediate, upper intermediate dan advanced. Padahal setahu saya di tingkat-tingkat tersebut  masih dibagi lagi beberapa tingkat. Ketika saya tanyakan itu dia hanya menjawab nanti akan dijelaskan pada saat sudah daftar atau ikut placement test. Saya juga menanyakan mengenai biaya kursusnya dan lagi-lagi dijawab nanti setelah daftar atau ikut placement test.  Untuk placement test harus bayar kalau tidak salah sebesar 150 ribu. Dalam hati, kok aneh sih. Seharusnya hal-hal dasar seperti ini diinformasikan kepada konsumen dengan jelas dan benar, bukannya malah ditutup-tutupi dan main rahasia-rahasiaan. Pengalaman saya pernah kursus di beberapa tempat dijelaskan detil mengenai biaya-biayanya sebelum kita daftar dan tingkatan-tingkatannya. Jadi kita bisa memutuskan apakah sesuai budget keuangan kita atau tidak.

Kebetulan sebelumnya saya baca di internet ada promo free placement test dan free trial. Sayapun menanyakan mengenai promo gratis tersebut. Tetapi jawaban Mbak Nita kurang menyenangkan. Katanya harus daftar dulu via internet. Lho kok gitu ? bukankah lebih bagus orangnya sudah datang langsung ? Mbak Nita “sedikit memaksa” untuk bayar saja tapi saya gak mau. Akhirnya hari itu gagal mendaftar…

12 comments:

  1. Memang seperti itu ka kalo di EF. Utk mendapat trial dan placement test harus mendaftar di websitenya/telfon langsung which is kita langsung mendapat undangan via email. Nah dari undangan itu, kita bisa placement tes gratis.
    Btw, itu cabang mana ya ?

    ReplyDelete
  2. saya enggak tuh, tergantung tempat berarti.

    kan daripada daftar lewat web, lebih baik datang lansung aja.
    begitu saya datang, disambut dengan baik.

    langsung ikut placement test, gak bayar. malah asik banget wawancara juga. akhirnya dapet level 6.

    dan dari awal memang terbuka dalam menjelaskan biaya dll gitu. langsung bayar deh hehe

    ReplyDelete
  3. Ane dulu sempat ikut di EF untuk kelas Bussiness Conversatation..lumayan bagus dan benar kata agan2 di atas pengajarnya Native speaker tapi sekarang juga ane mau improve bahasa inggris lagi tapi bingung mau ambil dimana? Adviselah agan2...thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. call me mas kalo minat private English course Business Communication program di 087883523822 (Dave)

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. halo, ada yg pernah denger ttg myClass British Council?
    bagus mana ya EF Adults atau British Council?
    thanks

    ReplyDelete
  6. kasih review untuk kursus yg pernah aku ikutin.

    Kelas online buat kita lebih efisien waktu dan biaya.
    Teman2 yang mau belajar bahasa Inggris tp sibuk dg kerjaan dan kuliahnya?
    Coba di http://www.britishenglishclass.com/ , online learning via chatting apps. Langsung dari HP kamu, belajar dua arah. Kelas private. Live interaction.
    Ada lebih dari 200 guru yang siap ngajar bahasa Inggris, Mandarin, dan Jepang

    ReplyDelete
  7. Aku sih ramah aja dilayanin gk semua yang saya tanyain di jawab koq malah disuruh nanya lagi.. Tergantung kayaknya mbak,,

    ReplyDelete