Wednesday, July 29, 2015

Pengalaman menggunakan Honda Spacy Helm In


Pengalaman menggunakan sepeda motor dengan persneling manual sudah biasa. Sekarang saya ceritakan pengalaman dengan sepeda motor perseneling automatic atau orang menyebutnya matic saja. Motor ini diawal-awalnya digunakan oleh kaum wanita namun rupanya kaum pria juga berminat untuk memakainya. Saya menggunakan sepeda motor Honda Spacy Helm In selama ini dapat saya ceritakan sebagai berikut.
Kelebihannya adalah :
  
-        Memiliki kecepatan yang lumayan bisa ngebut karena didukung oleh CC yang lumayan juga yaitu 110 CC.
 
-       Memiliki bagasi penyimpanan yang besar dibawah tempat duduk sehingga bisa dimasukkan helm didalamnya. Namun helm yang terlalu besar tidak akan muat.

-         Kapasitas tangki bensin besar yaitu mampu menampung sebanyak 5,5 liter.

-         Mudah penggunaannya karena tidak perlu menggunakan kaki untuk penggantian persneling.

-         Ada pengamannya, bila standard samping masih berdiri maka kendaraan tidak bisa di starter. Hal ini berguna untukmenghindari anak kecil yang bermain-main dan menekan tombol starter. Sebelumnya, sering terjadi anak kecil yang sedang bermain-main atau sedang duduk menunggu diatas kendaraan pada saat kendaraan hidup. Lalu mereka memainkan gas tangan sehingga kendaraan bergerak dan celaka. Hal ini tentu berbahaya sekali.

-        Pengaman kedua, rem belakang harus ditekan agar bisa di starter . Hal ini berguna agar kendaraan tidak loncat saat saat di starter.

Kekurangannya adalah :

-         Boros bensin. Hal ini disebabkan pada umumnya jenis matic lebih boros dibandingkan jenis yang manual.

-         Tempat duduk yang lebar membuat tidak nyaman pengendara sehingga pengendara cenderung memilih duduk di ujungnya saja. Padahal bila duduk di ujungnya saja maka posisi tersebut akan membenturkan dengkul kaki dengan sayap sepeda motor.

-         Bila sepeda motor berhenti, agak kesulitan untuk menahannya dengan 1 kaki. Hal ini disebabkan oleh tempat duduk yang tinggi dan lebar. Untuk orang yang badannya pendek akan terasa kesulitan.

-         Posisi tombol klakson diatas tombol lampu sign kiri-kanan. Hal ini agak menyulitkan jempol untuk menekannya karena posisi jempol biasanya dibawah. Pada sepeda motor Honda type sebelumnya posisi tombol klakson ada dibawah.

-         Bentuk body yang lebar dibagian belakang sehingga mengurangi kelincahan dalam bergerak.

-         Jarum penunjuk bensin tidak sesuai. Pada saat berada di warna merah seharusnya menandakan bahwa bensin sudah tinggal sedikit,

-         Shockbreaker  yang terlalu empuk mengakibatkan sering ban terkena bagian bawah body kendaraan. Apalagi bila bebannya 2 orang dan jalannya bergelombang.

Demikianlah apa yang saya rasakan dan alami selama mengendarai sepeda motor Spacy Helm In. Apakah anda merasakan hal yang sama ?

 

No comments:

Post a Comment