Tuesday, July 14, 2015

Membeli ban tubeless untuk sepeda motor


Sudah saatnya saya mengganti ban belakang sepeda motor yang sudah tipis. Teman-teman menyarankan untuk menggunakan ban jenis tubeless seperti umumnya yang dipakai mobil. Memang masih jarang orang yang menggunakan ban  jenis ini karena memang masih baru muncul. Biasanya orang memakai ban jenis tube yang ditambah dengan ban dalam.

Pada dasarnya kelebihan ban tubeless sebagai berikut :
-          Bentuk dan bodi ban lebih besar.
-          Bahan lebih tebal dan lebih keras.
-          Performa lebih kuat dan lebih kokoh.
-          Bila terkena paku tidak langsung bocor dan tidak langsung kempes.

Kekurangan dari ban tubeless sebagai berikut :
-          Hanya bisa dipasang pada Velg racing.
-          Harga lebih mahal.
-          Bila kempes menuntun sepeda motornya terasa berat.
-          Bila bocor halus sangat sulit untuk menemukan posisi bocornya.

Akhirnya saya memutuskan untuk membeli ban tubeless buat sepeda motor saya di planet ban. Harga di sana memang agak mahal dibandingkan dengan bengkel-bengkel pada umumnya. Namun kelebihannya adalah kita bisa mengisi ban dengan nitrogen gratis selama 1 tahun. Nitrogen lho bukan angin biasa. Sekali isi nitrogen seharga Rp. 3000 di pom bensin. Sedangkan disini gratis dan bisa di cabang-cabang planet ban lainnya. Setiap pembeli akan mendapat kartu member yang bernama Kartu Apung dan berlaku selama 1 tahun. Kartu ini harus dibawa saat melakukan isi Nitrogen.
 
Banyak pilihan merek yang tersedia baik yang murah maupun yang mahal. Saya pilih merek Swallow yang harganya ditengah-tengah. Ban type Samurai seharga Rp.184 ribu, pentil seharga Rp.8 ribu dan cairan anti bocor Rp.41 ribu. Jadi total pengeluaran Rp. 233 ribu. Oh ya, fungsi dari cairan anti bocor adalah ketika kena paku dan paku dicabut maka tidak akan bocor lagi karena tertutup oleh cairan tersebut. Sempat juga didemokan oleh karyawannya pada ban contoh sehingga membuat saya tertarik. Apakah anda tertarik juga pakai ban tubeless ?

No comments:

Post a Comment